Cara Flash Kernel Xperia

2/20/2014
Cara Flash Kernel Xperia

Andri-JS Blog - Kali ini saya akan berbagi tutorial Cara Flash Kernel Xperia, Flash kernel biasa dilakukakan ketika kita ingin menginstall Custom ROM yang meminta untuk menggunkan kernel yang telah di buatnya agar tweak - tweak yang telah di buat oleh pembuat ROM berjalan dengan sempurna. 

Sebelum lanjut ketutorial, sebaiknya kita tau apa itu kernel. Secara singkat, kernel adalah Inti dari sebuah System Operasi dan karena Android adalah System Operasi, tentu saja Android mempunyai kernel. Dan lebih jelasnya menurut Wikipedia,
Dalam ilmu komputer, kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.
Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam. Sehingga abstraksi pada akhirnya memudahkan pekerjaan programer.
Untuk menjalankan sebuah komputer kita tidak harus menggunakan kernel sistem operasi. Sebuah program dapat saja langsung diload dan dijalankan di atas mesin 'telanjang' komputer, yaitu bilamana pembuat program ingin melakukan pekerjaannya tanpa bantuan abstraksi perangkat keras atau bantuan sistem operasi. Teknik ini digunakan oleh komputer generasi awal, sehingga bila kita ingin berpindah dari satu program ke program lain, kita harus mereset dan meload kembali program-program tersebut.

Lanjut menuju Cara Flash Kernel Xperia.

  1. Siapkan Tool yang dibutuhkan, yaitu Flashtool dan driver Xperia tersebut harus terinstall
  2. Install Flashtool, lalu masuk ke folder penginstallan Flashtool dan didalamnya ada folder driver. Di dalam folder tersebut ada Flashtool Driver.
  3. Install flashtool driver, ketika setup wizard berjalan checklist jenis xperia yang anda miliki dan juga Fastboot Mode
  4. Setelah selesai penginstallan Flashtool dan Flashtool Driver, letakkan kernel yang ingin anda flash di dalam folder Firmware, Semisal anda menginstall Flashtool di Drive C, Letakkan kernel yang ingin di flash di C:\Flashtool\firmwares.
  5. Kernel biasanya berformat atau berekstensi *.elf atau *.img.
  6. Setelah meletakkan kernel di dalam folder firmwares, jalankan FlashTool.exe. (Jangan menggunakan FlashTool64.exe walaupun anda menggunakan Windows 64-bit)
  7. Matikan Xperia anda lalu koneksikan dengan komputer atau laptop. Ketika menghubungkan, tekan tombol volume Up/+ secara bersamaan ketika ingin menghubunkan sehingga LED biasanya berwarna ungu menyala. Dan lihat pada tabel dialog Flashtool apakah sukses dengan, jika sukses akan ada kalimat "Device Connected in fastboot Mode".
    Cara Flash Kernel Xperia
  8. Lalu klik gambar petir yang ada di sudut kiri atas. Lalu pilih Fastboot Mode.
    Cara Flash Kernel Xperia
  9. Klik Select Kernel to Flash.
    Cara Flash Kernel Xperia
  10. Pilih kernel yang akan di flash. ( Dicontoh ini saya menggunakan kernel dengan nama boot.img, bisa juga kernel.elf atau kernel.img atau apa saja dengan format *.elf atau *.img)
    Cara Flash Kernel Xperia
  11. Lihat tabel dialog tadi, jika berhasil akan ada pesan Finished, Total time 1.600s(angka ini bisa saja berbeda, karena ini hanya lama atau durasi ketika flash kernel)
    Cara Flash Kernel Xperia
  12. Selesai silahkan cabut Xperia dari Komputer atau laptop lalu reboot dan cek bagian About Phone yang terletak di Menu Setting.
Sekian Cara Flash Kernel Xperia dari Andri-JS Blog. Dan untuk tool, yaitu Flashtool jika belum punya silahkan Download, Flashtool dan jika ingin Flashtool yang terbaru silahkan download di Website resminya di http://www.flashtool.net/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »